Back To Top

Cara Mengetahui dan Mendapatkan Kode EFIN Pajak Online yang Lupa

Selamat Datang Di Web Info PNS Terbaru

Admin info PNS yakin banyak rekan PNS  yang lupa password untuk login di djponline alias pelaporan pajak online efilling maupun ebilling. Data yang dibutuhkan untuk masuk/login di djponline adalah NPWP dan password. Jika kita lupa password tentu saja tidak bisa login, hehehe. Nah untuk mengganti password perlu yang namanya kode EFIN. Darimana kode EFIN tersebut? Kode EFIN diberikan oleh pihak .... baik itu lewat email, ataupun kita sendiri memintanya ke kantor pajak terdekat.

Saya sendiri lupa kode EFIN setelah hampir setahun, namun setelah saya cek ternyata kode EFIN tersebut masih tersimpan di email pribadi. Namun jika lupa email, kita tentu tidak bisa mencari dalam kotak masuk email. Jika kantor pajak dekat tentu tidak masalah untuk meminta ke kantor pajak, namun kalau jauh ya tentu kita harus berfikir ulang ke kantor pajak.

Berikut ini admin beritahu cara mengetahui kode EFIN. Silakan buka kotak masuk email, lihat kotak pencarian. Ketikkan kata "pajak" tanpa tanda kutip, maka akan kita temukan arsip email mengenai pajak, bulan ataupun tahun tahun sebelumnya.Cara seperti ini, dilakukan jika kotak masuk email terlalu banyak. Namun jika isi kotak email sedikit, tidak begitu sulit mencari arsip email pada setahun terakhir.

Cara Mengetahui kode EFIN Pajak yang lupa

Jika sudah muncul, silakan klik dan buka email sekitar bulan Maret tahun 2016 lalu, atau email pertama yang kita terima dari DJP (Direktorat Jenderal Pajak).  Lihat gambar di bawah.


Kode EFIN Pajak Online
cara mendapatkan kode EFIN yang lupa
Kode EFIN

Jika sudah lihat ada EFIN di situ. catat baik-baik kode EFIN tersebut yang akan dipakai/diminta saat mengganti password djp online. Kode EFIN terdiri dari 10 digit angka, tidak ada paduan huruf besar maupun kecil.

Seperti yang telah diutarakan sebelumnya bahwa cara mengetahui kode EFIN tadi merupakan salah satu alternatif jika kita lupa kode EFIN, yakni dengan mencari di arsip kotak masuk email kita. Namun jika kita lupa atau tidak bisa login di email kita, bisa juga kita lakukan dengan cara lain yakni ke kantor pajak terdekat untuk meminta kode EFIN. Silakan pilih cara yang sesuai dengan kondisi Anda.

Selanjutnya adalah kita ikuti cara mengganti reset password pada akun DJP online.


Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google