Back To Top

Mau Jadi PNS? Coba Dulu Simulasi CAT BKN

Selamat Datang Di Web Info PNS Terbaru Tes CPNS 2016 dipastikan akan digelar tahun ini. Namun belum bisa dipastikan jadwal pastinya. Tes CPNS 2016 dipastikan akan menggunakan CAT online atau kepanjangan dari Computer Assisted Test yaitu tes penerimaan CPNS yang dilakukan secara online dengan menggunakan komputer. Jadi tidak ada lagi tes CPNS menggunakan LJK atau lembar jawaban komputer seperti tahun tahun yang lalu. CAT sendiri telah digunakan sejak tes CPNS tahun 2013.

Computer Assisted Test atau Tes CPNS secara online ini disatu sisi ada hal positif dan negatifnya. Positifnya tentu bisa meminimalisir kecurangan dan joki tes CPNS. Selain itu dengan tes CPNS online hasil tes bisa langsung diketahui. Kekurangannya, bagi mereka yang gaptek tentu agak kesulitan mengerjakan tes CAT ini. Selain itu pemerintah daerah tentu saja harus menyediakan sarana komputer yang banyak untuk mengadakan tes CPNS menggunakan CAT ini.


Menpan RB dan Badan Kepegawaian Negara selaku penyelenggara tes CPNS telah menyediakan alat simulasi TES CAT ini. Baik yang bisa dilakukan secara online maupun secara offline, tanpa terhubung ke internet. Alat atau tool simulasi CAT Online ini ditujukan bagi masyarakat yang ingin mencoba bagaimana tes cpns berlangsung, jadi saat benar-benar mengikuti tes cpns di hari pelaksanaan tidak canggung atau bingung lagi.

Seperti disebutkan di atas, CAT tersedia dalam bentuk online yang bisa dikerjakan jika terhubung langsung dengan internet dan Simulasi CAT offline yang software atau perangkat lunaknya bisa diunduh dan diinstal di komputer dan dikerjakan tanpa jaringan internet.

Kali ini admin info PNS akan berbagi cara mengikuti simulasi CAT online tersebut.

Simulasi CAT online bisa diakses lewat alamat web http://sc.menpan.go.id/

Untuk bisa mengakses atau mengikuti simulasi CAT online ini, kita harus registrasi dulu di alamat http://sc.menpan.go.id/index.php/home/register

Cara registrasi Simulasi CAT online


Siapkan NIK atau nomor Induk Kependudukan yang ada di KTP atau kartu keluarga serta email, yang belum punya email silakan buka cara membuat email gmail.

Masuk ke alamat web http://sc.menpan.go.id/index.php/home/register
Lalu isi data lengkap NIK, kata sandi, nama, tempat lahir, tanggal lahir, jenis kelamin dan jenis kelamin. domisili, pendidikan dan dan instansi yang dilamar wajib dipilih dan diisi.
Ingat ini cuma simulasi alias pura pura jadi ngisinya pun bisa asal-asalan.


mendaftar simulasi cat
cara mendaftar dan tes CAT online http://sc.menpan.go.id/index.php/home/simulasi
simulasi CAT online


Jika sudah diisi silakan klik Simpan.

Silakan menuju halaman login untuk memulai tes cat. masukkan NIK dan pasword/kata kunci
cara daftar dan login simulasi percobaan tes cat online menpan
login simulasi cat online
registrasi cat online menpan CAT
tes simulasi percobaan CAT online menpan BKN
Jika sudah muncul seperti gambar di atas, silakan klik login untuk memulai tes
ada 3 macam tes yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)   Tes Intelegensi Umum (TIU)   Tes Karakteristik Pribadi (TKP. Tersedia waktu 15 menit bagi anda untuk menjawab soal cat ini, untuk menjawab sejumlah 30 pertanyaan. Simulasi ini bisa kita coba berkali kali.

Nah silakan dicoba coba yaa...
Dengan simulasi CAT ini paling tidak kita tahu dan bisa mengukur kemampuan kita. Dan tahu bagaimana tes CPNS online itu berlangsung.





Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google