Laporkan Penyalahgunaan

Blog berisi kumpulan produk hukum Indonesia.

PNS Gaptek? Siap Siap Kena Rasionalisasi

Semakin majunya jaman semakin berkembang pula kemajuan teknologi. Aparatur Sipil Negara terlebih yang sudah PNS dituntut mampu mengikuti era perkembangan teknologi tersebut. Sistem birokrasi Indonesia saat ini sudah mulai mengarah kepada penggunaan Teknologi dan Informasi. Sebagai contoh adalah adanya pendataan ulang PNS yang dilakukan secara online beberapa waktu yang lalu.

Paling tidak PNS tahu bagaimana cara menggunakan komputer secara umum. Ke depan untuk menjadi PNS dituntut untuk menguasai Teknologi tersebut. Program rasionalisasi PNS yang tengah dicanangkan Kemenpan RB tentu mengarah kepada hal ini.


Salah satu alat dalam menyaring atau merasionalisasi PNS adalah menggunakan tes. Yaitu tes aplikasi komputer untuk mengolah data dan menulis dokumen, tes kemampuan berbahasa dan kemampuan memberikan pelayanan, serta tes kompetensi teknis sesuai bidang JFU yang akan dipertahankan.‎

Bobot terbesar adalah tes kompetensi bidang sebanyak 50 persen, komputer 35 persen, dan bahasa Inggris 15 persen.‎ Untuk masuk dalam kuadran aman, setiap PNS harus mendapatkan hasil skor 80-100 demikian diungkapkan Kabid Penyiapan Perumusan Kebijakan Pengadaan SDM Aparatur, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Supardiyana

Dia menambahkan tes yang dilakukan tidak seperti tes masuk CPNS. Kemampuan berbahasa dan penguasaan IT jadi indikator penilaian karena disesuaikan dengan era globalisasi.

Related Posts