Back To Top

Turun Status pada PUPNS; Solusi jika Terjadi Kesalahan Isi Data PUPNS

Selamat Datang Di Web Info PNS Terbaru Portal PUPNS. Nah istilah baru nih. Mungkin ada yang sudah tahu ada yang belum apa yang dimaksud turun status pada PUPNS. Para PNS pengguna PUPNS barangkali belum paham, namun bagi admin atau verifikator pasti tahu.

Turun status merupakan istilah PUPNS yang berarti mengembalikan ke status sebelumnya. Contoh kasus Anda terlanjur mengirimkan data pada PUPNS, namun baru sadar ternyata ada kesalahan dalam mengisi PUPNS. Nah tentu bingung kan gimana memperbaiki kesalahan data tadi? Berikut penjelasannya

Setelah kita mengisi data secara online di PUPNS dan mencetak hasil input tadi, kita juga diwajibkan mengumpulkan dokumen atau berkas pendukung PUPNS ke verifikator (BKD) sesuai yang kita input secara online. Data online yang sudah kita kirim akan dicek ulang oleh admin verifikator, tentunya menyesuaikan dengan berkas manual yang kita kumpulkan.

Video cara turun status oleh admin pupsn

Jika ada kesalahan maka admin verifikator berhak"menurunkan status" kita tadi, tujuannya agar kita memperbaiki kesalahan di PUPNS. Turun Status bisa dilakukan atas inisiatif verifikator, namun bisa juga atas permintaan PNS sendiri. Tentu kebanyakan harusnya atas kehendak PNS sendiri, mengingat tidak semua BKD memerintahkan mengumpulkan berkas, kalaupun disuruh mengumpul berkas, tentu verifikator akan kerepotan untuk mencek data PNS satu persatu.

Perhatikan gambar di atas. Ini adalah contoh "turun status". Dimana Verifikator PUPNS Kabupaten memerintahkan kepada PNS yang sudah mengirimkan data secara online untuk memperbaikinya. Tentunya dengan inisiatif verifikator BKD. Nah sudah paham maksud turun status kan? Silakan hubungi verifikator Anda, jika terdapat kesalahan data di PUPNS.


Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google



68 komentar

Sy sudah kirim data n sdh cetak ternyata riwayat jabatan salah. Pengen sy perbaiki gmn cara turun status?

makasih info-infonya. sampai sekarang saya gak bisa merubah data utama karena kekunci dan unor tak ditemukan.dah cetak tiket pengaduan ke help desk tapi tak ada jawaban..cuma dalam proses terus. gimana ya penyelesaiannya>

Maaf, saya mau bertanya? Mengapa sampai saat ini saya tidak bisa mendaftar pupns? Saya sudah mengetikkan NIP Baru saya, kemudian ada timbul tulisan merah berbunyi "Maaf, instansi anda belum membuka pendaftaran". Padahal rekan-rekan kerja saya yang lain sudah bisa registrasi. Mohon petunjuk, kemana saya harus bertanya?

Riwayat jabatan saya salah..harusnya saya Staf..namun datanya menjadi KASI..gimana solusinya..

Laporkan ke verifikator level kemudian verifikator level satu mengajukan ke verifikator level II atau langsung ajukan ke BKD setempat.

MOGAH DIPERPANJANG WAKTUNYA

Maaf saya mau bertanya,gimana cara mengembalikan status 1 ke semula jika masi terdapat kesalahan pengisian data, sementara saya sudah terlanjur mengirim..mohon solusinya saya tinggal di pedalaman cukup jauh dari kantor BKD perivikator level.

saya sudah selesai login namun sya masih ragu2 utk mengirim data, karena saya belum memiliki Taspen dan Karpeg, saya belum bisa mengurus taspen dan karpeg karena daftar gaji belum ada, krn saya masih CPNS, jd saya anggap data saya belum lengkap. mohon penjelasannya

admin mohon turun status nama : DORTHIA MNIR. NIP. 1958010219822004

Tlg beri pencerhannya! riwayat jabatan tidak muncul ikon ubah/ hapus, gimana cara membetulkan/ menghapus yang salah?

bagaimana langkah yang dilakukan apabila tiket pengaduan turun status belum dikonfirmasi

maaf saya bertanya,saya juga sdh login, namun saya belum mengirim data PUPNS, karena saya tahu dalam pengetikan nama sekolah tidak ditemukan, yang akhirnya muncul nama sekolah lain, dan dalam refensi/tabel pendidikan sudah terkunci...tdk bisa diubah dan dihapus bagaimanakah solusinya ? sedangkan instansi saya diharuskan kirim data tgl 10 Oktober 2015 tolong bantuannya Trims

tlong beri bantuan, riwayat pendidikan mau diubah/edit, kok tidak bisa. di Data Utama masih tercantum yg lama

terimakasih atas petunjuknya,dan bermanfaat besar baki saya khususnya dan teman 2 pns seluruh indonesia

admin mohon turun status ini datanya dari ferifikator bkd daerah sulit trimakasih atas perhatiannya
budi hartono nip : 198105122009041001
dan
lidya hastarita nip : 198308272008012016

Tolong beri pencerahan saya sudah terlanjur kirim data tapi tidak ingat ngisi verifikatao 1 atau skpd apa yang perlu saya lakukan saat ini kalau perlu turun status itu saya sendiri atau bkd mks

Data lama akan tetap muncul. Nanti print outnya akan tertera data perbaikannya.
Di lembar print out tsb akan terbagi atas 2 kolom. Kolom I adalah data awal sebelum diedit dan kolom ke-2 berisi data setelah perubahan/hasil edit.

mohon informasi admin pada waktu registrasi ternyata nama salah kurang satu huruf lupa tidak mengecek jadi sudah terlanjur ter register, gimana cara editnya? mohon infonya

SKPD KOTA BARU SAYA MAU FERIFIKASI ADA KESALAHAN TAHUN LULUS PADA DATA UTAMA HARUSNYA 1987 TERTULIS 1997 tolong saya minta turun status

Untuk SKPD kab kota baru tahap verifikasi nggak bisa di akses kenapa

TOLONG AUTO COMPLETE DIBUANG AJA, PAKE PILIHAN TANAH PANAH....auto complete nya itu muter2 ga jelas.... bikin seneweng aja... portal pupns juga diperbaiki lagi.... berjam2 kammi cuma bisa login2 melulu tanpa bisa input data, selalu error... ?LJ{"L:"JP"L:jl;hjav;vh;jkhsdklh;l;k

Server ga kuat, Isi pupns muter2 muluuu

HENDRI
ASS... mau tanya ni,, saya punya anak satu, waktu saya isi e-pupns saya salah ketik tiba-tiba data anak saya ada 2 dengan nama saya sendiri...
bagaimana caranya ya menghapus data anak yang salah tersebut?..

HENDRI
ASS... mau tanya ni,, saya punya anak satu, waktu saya isi e-pupns saya salah ketik tiba-tiba data anak saya ada 2 dengan nama saya sendiri...
bagaimana caranya ya menghapus data anak yang salah tersebut?..

admin mohon turun status nama : ELMITI. NIP. 19600415 1982012017

Setelah saya klik kirim, data utama ada yang hilang yaitu pendd terakhir, gol dan tmtnya, kenapa ya, padahal sebelum klik kirim data tersebut lengkap

pupns bukannya mempermudah.. malah mepersulit pns

ass...mau tanya, pada data riwayat keluarga ibu sy, adalah seorang pensiunan pns polri, waktu sy ketik nip /nrp (istilah dikepolisian), kenapa tdk mau tersimpan, sy diminta memasukkan nip baru, sedangkan nip/nrp ibu sy sdh sy ketik sesuai SK, mohon petunjuknya. trima kasih

saya sudah ketik di help desk...pengaduan untuk turun status tapi tidak bisa,caranya gimana pak?

Admin mohon turun status, an: ahmad rianto tarawen. 198203222010011016

Ga masalah ga ada karpeg dan taspen. Karpeg itu baru ada kalo udah 100% PNS. Taspen juga tdk di input datanya (tdk wajib) silahkan kirimkan saja datanya.

mohon turun status, an SUPRIHATIN 197403082008011010

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

aduh saya undah kirim , tapi ternyata ada yang masih harus kuperbaikki , bagaimana caranya turun status ?

Mohon turun status an Sri Kistianah NIP197205031994032003

Kalo ada admin tolong turunin status donk : sudradjat setiawan 196010231990081001

admin mohonturun status an. NURHAYATI 198608082010012007

admin... mau tanya kemarin sudah kirim data.tapi ternyata salah pilih verifikasi level 1. solusinya bagaimana ?mohon pencerahannya.terimakasih banyak ......

mohon pencerahannya jika mau kirim data pupns ternyata ada tampilan data belum simpan/ periksa semua tab, itu apa masalahnya.... padahal saya sudah berulang-ulang memeriksa semua tab dan mengisi lengkap dan melakukan perintah simpan, namun ketika klik kirim tetap aja muncul perintah " data belum simpan / periksa tab",kira - kira apa solusinya ,trimksh

Sy pernah minta turun status...tetapi ketika sy menanyakan hal lain operator tidak sengaja menurunkn status lgi jdi 2x ..setelahnya sy kirim lgi tpi tdk bisa terkirim..admin berusaha membantu mngirim sbg bntuk tanggung jwab..bgmn solusinya

admin apakah bisa turunkan status peserta PUPNS?

Maaf, apakah admin bisa turunkan status ? kok banyak komen diatas minta turun status PUPNSnya?

kalau terjadi turun staus 2x apa solusinya

minta petunjuknya om. Kalau mo turun status kan mesti masukkan nip dan alasan turun status, tapi tiap kita klik kirim yang muncul peringatan "masukkan nama instansi" atau apalah itu, sementara tidak ada sama sekali kotak untuk memasukkan nama instansi. Penyelesaiannya bagaimana, om ?

Mohon turun status donk nama : Adlan Ridha Bancin, NIP. 198306232010011021

kenapa setiapmau kirim data selalukembali ke data awal...walau sudah berulang kali di save?

sdh kirim data pupns tidak masuk verifikator level 1 padahal sudah benar verifikator SKPDnya

coba di buka ulang satu per satu setiap tap tahapan pengisian dan disimpan kembali sampai ke daftar riwayat anak. baru di kirim kembali... met mencoba..

Kenapa admin verifikasi level 1 yg skrng g' ad menu turun status.... apa ada solusi untuk menampilkan menu turun status. Terima kasih,,,,,,

Mohon turun status nip 198509212006042001 an. Ni Putu Sri Yayati

ass..... saya sudah input data anak dengan lengkap. kenapa pada saat di cetak, tanggal lahir anak tidak terterah. solusinya gimana

bkn kurng sosialisasinya nihhh..servernya juga murahan dan abal2..slalunya error..

Mohon pencerahannya. Saya sdh kirim data PUPNS, namun saya kaget kok tanggal lahir dan status anak tidak muncul di print outnya padahal data sdh benar, hanya istri yg muncul tanggal lhr dan anak pertama yg muncul hanya status KANDUNG. Serta pada monitor muncul TANDA TANYA di kolom SKPD setelah data terkirim. Terima kasih

Mohon bantuan Admin, turun status ada kesalahan pada penulisan tempat lahir, BKD kami jauh dari tempat tinggal. Terimakasih
atas nama:
1. Kumantini NIP. 196509052007012018
2.WAYAN BARAYATAYASA NIP 196509052007012018
3. Ni Nyoman Ariani NIP 196411041990032004

admin mohon turun status nama kokok riyanto nip.196012131981031001

mohon bantuan untuk turun status atas nama Miftah Faridi NIP. 198311042009041004. trims

bagaimana cara kita mengambil bukti terkirim pupns kita karna sudah terkirim kemarim lupa cetak bukti terkirim tersebut . mohon infonya darai saya =junaidijun75@gmail.com

MINTA SOLUSI

KENAPA SETELAH TURUN STATUS, ITU SETELAH SAYA EDIT ULANG, TERUS MAU KIRIM SELALU GAGAL, DI SITU DI KATAKAN BELUM SIAP/PERIKSA SEMUA TAB. PADAHAL SMUA TAP SUDAH SAYA ISI ....


TERIMA KASIH

saya sudah kirim data tapi saya salah masukan verifikator level 1 nya,,, gimana cara perbaikan bang?? makasih

ass.. wr..wb... maaf mau tanya bang,, saya sudah kirim data tapi masalah saya salah masukan nama verifikator level 1,, minta bantuannya bang,, terima kasih wassalam

gan mohon bantuannya kemarin kami sudah ke bkd bkn dinas pendidikan bahkan ke walikota untuk meminta turun status tapi belum dapat pencerahan berkas sudah terlanjur kami kirimkan.

admin bisa tolong bantu saya untuk turun status atas nama DUMARIA SIMANJUNTAK. NIP. 197306281993032003.
INSTANSI PEMERENTAH KAB.TAPANULI UTARA

Kalau turun status itu mempengaruhi data yang sebelumnya sudah terinput atau tidak? Maksudny hanya prosedur pelaporan hendak edit data kan? Sy mau turum status cuma takut data sebelumnya malah jadi hilang. Mohon informasinya krm saya salah input

Kalau turun status itu mempengaruhi data yang sebelumnya sudah terinput atau tidak? Maksudny hanya prosedur pelaporan hendak edit data kan? Sy mau turum status cuma takut data sebelumnya malah jadi hilang. Mohon informasinya krm saya salah input

admin tolong turun status TRI ASTUTI nip:198211102014102001

tolong turun status nip. 198208082012012001

turun status nip.198208082012012001

MOHON TURUN STATUS NIP.198211152014062008
ALASAN Data riwayat pendidikan dan data guru belum terinput semua dan terlanjur terkirim untuk verval. Mohon untuk bisa turun status sehingga bisa edit ulang data PUPNS lagi.terimakasih